Minggu, 12 Maret 2017

JENIS-JENIS WEB BROWSER

JENIS WEB BROWSER



Web browser merupakan program yang digunakan untuk mengakses internet. dengan menggunakan program ini, kita dapat membaca, mendengar, dan mengambil berbagai macam informasi yang ada di internet. fungsi utama dari web browser adalah untuk menampilkan halaman-halaman web yang terdapat di internet, selain itu kita dapat menyimpan website (save) hingga informasi-informasi di dalamnya juga dapat kita ambil.

jenis web browser yang digunakan antara lain adalah Mozilla Firefox, Opera Mini, Google Chrome, 
Safari.


Beriktut ini saya akan memberitahu sedikit tentang web browser yang sering digunakan diantaranya :

1. Mozilla Firefox

Hasil gambar untuk foto mozilla firefox
    Blake Ross adalah pemuda jenius yang menciptakan Mozilla. saat itu, Blake Ross berusia 19 tahun. mozilla diluncurkan untuk umum pada November 2004. kemudian, Mozilla digabungkan dengan Firefox, program yang merupakan ciptaan Dave Hyatt, setelah itu namanya menjadi Mozilla Firefox.


Mozilla Firefox (aslinya bernama Phoenix dan sesaat dikenal dengan nama Mozilla Firebird) adalah penjelajahan web antarplatform gratis yang dikembangkan oleh yayasan Mozilla dan ratusan sukarelawan, versi 10-nya dirilis pada 9 November 2004.

dalam sejarahnya, Mozilla pada awalnya digunakan sebagai code name browser web Netscape Navigator. Jamie Zawinski, seorang pegawai Netscape Communications Corporation kemudian memberikan ide nama Mosaic killer. nama ''killer'' lebih populer dengan kata ''killa'', yang kemudian berubah menjadi ''illa''. kemudian digabungkan dengan mosaic menjadi Mozilla. Mozilla adalah mascot dari Netscape Communications Corporation, yang dulunya dikenal dengan nama Mosaic Communications Corporation.


kelebihan-kelebihanya Mozilla Firfox diantaranya:

   a. merupakan browser dengan perkembangan paling pesat yang terus meningkat.
   b. Security yang dimiliki oleh Mozilla Firefox lebih handal dibandingkan dengan web broewser lainnya.
   c. dapat memperbesar Size pada text.
   d. tampilan web browser yang dapat dikustomisai menggunakan skin.


2. Opera mini


Gambar terkait

    pada sekitar tahun 1992, Jhon stephenson von Tetzchner dan Geir Ivarsey merupakan sebuah group riset di televerket ( sebuah perusahaan telephone dari Norwegia yang sekarang bernama Telenor). group ini mengambil peranan dalam mengembangkan ODA (Open Document Architecture), yaitu sebuah standar dalam penyimpanan pengambilan document , gambar dan lainnya.

group ini juga mendirikan server internet pertama di Norwegia dan home page pada tahun 1993.Opera telah melopori banyak fitur yang kemudian ditiru oleh browser lainnya. contohnya : Opera adalah browser yang pertama mengintegrasikan gerakan Mouse (Mouse Gesture) sebagai cara yang mudah untuk navigasi situs. opera juga memiliki fitur orisinil , termasuk loading halaman di background, notes, penggantian skin, sesson management dll. versi terbaru opera adalah web browser 38.0 build 2220.41


Kelebihan-kelebihan Opera mini diantaranya :

   a. terdapat pilihan dalam berbahasa indonesia sehingga memungkinkan untuk lebih mudah mengoperasikan         opera browser.
   b. tidak memakan memory yang besar, ringan saat dijalankan, dan startup lebih cepat.
   c. ada 2 macam opsi tampilan skin, ada yang khas windows bagi yang terbiasa mozilla firefox dan internet         explorer.
   d. kecepatan dalam me-render (memproses) website lebih cepat dari browser lain.



3. Google Chrome


Hasil gambar untuk foto google chrome

     Google Chrome merupakan salah satu dari berbagai macam browserb yang populer setelah internet explorer, Mozilla Firefox, dan Opera Mini. browser dengan kelebihan dalam sinkronisasi data yang melaluui akun Gmail. ada banyak fitur google chrome diantaranya : fitur keamanan, kemudahan dalam akses informasi, search engine yang memadai dan fokus terhadap fitur yang ringan serta pengembangan oleh web developer yang terpercaya membuat web browser ini menjaddi yang paling dipercaya dalam keamanan berinternet.

Sejak dirilis pada tahun 2008 hingga tahun 2011 ini banyak versi-versi terbaru dari google chrome diantaranya : 52.0.2743.82. sistem yang dapat menggunakan versi ini adalah Windows XP, Vista, 7, 8, dan 10.


Kelebihan-kelebihan Google Chrome diantaranya :

    a. Goole menanamkan opsi ''Make Aplication Shortcut''.
    b. pada setiap tab yang dibuka di Google Chrome memiliki proses yang terpisah, sehingga ketika                       eror/crash pada salah satu tidak akan menyebabkan seluruh browser eror



4. Safari

Gambar terkait

      Safari adalah sebuah web browser buatan apple incorporation yang awalnya ditunjukan khusus bagi sistem operasi Mac. OS. Safari merupakan perambaan web bawaan di sistem operasi Mac. OS.
fitur yang dimiliki Safari adalah :

   a. Browsing melalui tab
   b. pengaturan bookmark
   c. pencari text
   d. pemeriksaan ejaan
   e. penghalang pop-up ad.
    f. pengabungan surat internet.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar